RENCANA KERJA SEKOLAH (RKS) BAB II
BAB II
DATA SEKOLAH
A. Data
Sekolah
1. Jumlah pendidik dan tenaga
kependidikan menurut status kepegawaian dan jenis kelamin
No
|
Uraian
|
Status
|
Jenis Kelamin
|
||
PNS
|
Non PNS
|
Laki-laki
|
Perempuan
|
||
1
|
Kepala Sekolah
|
1
|
1
|
||
2
|
Guru Kelas
|
4
|
2
|
4
|
2
|
3
|
Guru PAI
|
1
|
1
|
2
|
|
4
|
Guru Penjaskes
|
1
|
1
|
1
|
1
|
5
|
Tenaga Perpustakaan
|
||||
6
|
Tenaga Administrasi
|
1
|
1
|
||
7
|
Penjaga Sekolah
|
1
|
1
|
||
8
|
|||||
Jumlah
|
7
|
6
|
7
|
6
|
|
Tabel 1: Jumlah tenaga menurut status kepegawaian dan jenis kelamin
2. Jumlah pendidik dan tenaga
kependidikan menurut tingkat pendidikan
No
|
Jabatan
|
S2
|
S1
|
D3
|
D2
|
SLTA
|
SLTP
|
JML
|
1
|
Kepala Sekolah
|
1
|
1
|
|||||
2
|
Guru Kelas
|
6
|
6
|
|||||
3
|
Guru PAI
|
2
|
2
|
|||||
4
|
Guru Penjas
|
2
|
2
|
|||||
5
|
Tenaga Perpustakaan
|
|||||||
6
|
Tenaga Admnistrasi
|
1
|
1
|
|||||
7
|
Penjaga
|
1
|
1
|
|||||
8
|
||||||||
Jumlah
|
12
|
1
|
13
|
Tabel 2: Jumlah tenaga menurut tingkat pendidikan
3. Jumlah pendidik dan tenaga
kependidikan menurut masa kerja (tahun)
No
|
Jabatan
|
<5
|
5-10
|
10-15
|
15-20
|
20-25
|
25-30
|
>30
|
1
|
Kepala Sekolah
|
|||||||
2
|
Guru Kelas
|
|||||||
3
|
Guru PAI
|
|||||||
4
|
Guru Penjas
|
|||||||
5
|
Tenaga Perpustakaan
|
|||||||
6
|
Penjaga
|
|||||||
7
|
||||||||
Jumlah
|
Tabel 3: Jumlah tenaga menurut masa kerja
4. Data Peserta
Didik
Jumlah peserta pada awal tahun pelajaran 4 tahun terakhir
Kelas
|
Akhir Tahun Pelajaran
|
Ket
|
|||||||||||
2015/2016
|
2016/2017
|
2017/2018
|
2018/2019
|
||||||||||
L
|
P
|
Jml
|
L
|
P
|
Jml
|
L
|
P
|
Jml
|
L
|
P
|
Jml
|
||
I
|
|||||||||||||
II
|
|||||||||||||
III
|
|||||||||||||
IV
|
|||||||||||||
V
|
|||||||||||||
VI
|
|||||||||||||
JML
|
|||||||||||||
Tabel 4: Jumlah peserta didik pada
awal tahun pelajaran
5. Jumlah Lulusan
Tahun Pelajaran
|
Tamatan
|
Rata-rata
|
Melanjutkan
|
|||
Jml
|
Target
|
Hasil
|
Target
|
Jml
|
Target
|
|
2014/2015
|
||||||
2015/2016
|
||||||
2016/2017
|
||||||
2017/2018
|
||||||
Tabel 5: Jumlah Lulusan Peserta Didik
6. Data peserta didik
mengulang
Tahun Pelajaran
|
Kelas
|
Jumlah
|
|||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
||
2015/2016
|
|||||||
2016/2017
|
|||||||
2017/2018
|
|||||||
2018/2019
|
|||||||
Tabel 6: Jumlah peserta didik
mengulang dalam 4 tahun terakhir
7. Jumlah peserta didik dalam 4
tahun terakhir
Kelas
|
Tahun Pelajaran
|
KET.
|
|||||||||||
2015/2016
|
2016/2017
|
2017/2018
|
2018/2019
|
||||||||||
L
|
P
|
J
|
L
|
P
|
J
|
L
|
P
|
J
|
L
|
P
|
J
|
||
I
|
|||||||||||||
II
|
|||||||||||||
III
|
|||||||||||||
IV
|
|||||||||||||
V
|
|||||||||||||
VI
|
|||||||||||||
JUMLAH
|
|||||||||||||
Tabel 7: Jumlah
peserta didik dalam 4 tahun terakhir
8. Jumlah orang tua peserta didik
menurut pekerjaan
Pekerjaan
|
2015
|
2016
|
2017
|
2018
|
2019
|
Pegawai Negeri
|
|||||
TNI/Polri
|
|||||
Pegawai Swasta
|
|||||
Petani
|
|||||
Pedagang
|
|||||
Buruh
|
|||||
Tukang Kayu
|
|||||
Tukang Batu
|
Tabel 8: Jumlah orang tua /wali peserta didik menurut pekerjaan
9. Jumlah orang tua peserta didik
menurut tingkat penghasilan rata-rata per bulan
Pekerjaan
|
2015
|
2016
|
2017
|
2018
|
2019
|
< 200.000
|
|||||
2001.000 - 500.000
|
|||||
500.000 - 1.000.000
|
|||||
1.000.000 - 2.000.000
|
|||||
2.000.000 - 5.000.000
|
|||||
5.000.000 - 10.000.000
|
|||||
> 10.000.000
|
Tabel 9: Jumlah orang tua /wali peserta didik menurut pekerjaan
9. Pengurus Komite Sekolah (masa
bakti 2016 s.d. 2014)
No
|
Nama
|
Pekerjaan
|
Jabatan
|
Keterangan
|
1
|
Ketua
|
|||
2
|
Wakil Ketua
|
|||
3
|
Sekretaris
|
|||
4
|
Bendahara
|
|||
5
|
Anggota
|
|||
6
|
Anggota
|
|||
7
|
Anggota
|
Tabel 10: Pengurus Komite Sekolah
10. Sarana dan prasarana sekolah
Data Ruang
Nama Ruang
|
Kebutuhan
|
Yang ada
|
Baik
|
Rusak Sedang
|
Rusak Berat
|
Ruang Kelas
|
|||||
Ruang Guru
|
|||||
Ruang Kepala Sekolah
|
|||||
Ruang Perpustakaan
|
|||||
WC / Kamar mandi
|
Tabel 11: Tabel Data Ruang
Data Ruang Lain yang dibutuhkan
Jenis Ruang
|
Jumlah
|
Ukuran
|
Keterangan
|
1. Gudang
|
|||
2. Dapur
|
|||
3. Ruang ganti pakaian
|
|||
4. Ruang komputer
|
|||
5. Mushola/tempat ibadah
|
Tabel 12: Tabel Data Ruang Lain
Data Mebeler
Nama Ruang
|
Kebutuhan
|
Yang ada
|
Baik
|
Rusak Sedang
|
Rusak Berat
|
Meja Siswa
|
|||||
Kursi Siswa
|
|||||
Meja Guru di kelas
|
|||||
Kursi Guru di kelas
|
|||||
Meja guru di ruang guru
|
|||||
Kursi guru di ruang guru
|
|||||
Papan Tulis
|
|||||
Almari Kelas
|
|||||
Almari Kantor
|
|||||
Rak Buku
|
|||||
Loker
|
Tabel 13: Data mebeler
B. Hasil
Program Tahun Sebelumnya
1. Tingkat Pencapaian Program
No
|
Jenis Kegiatan
|
Target
|
Pencapaian
|
Kendala
|
Tindak Lanjut
|
A
|
Pengembangan Kompetensi Lulusan
|
||||
1. Rata-rata
nilai UN
|
|||||
2. Bidang
Olahraga
|
|||||
3. Bidang
seni budaya
|
|||||
B
|
Pengembangan Kurikulum (Standar Isi)
|
||||
1. Review
KTSP
|
Terlaksana review KTSP
|
||||
2. Beban
belajar peserta didik
|
Maksimal 40 jam/minggu
|
min: 31 jp
mak: 36 jp
|
Jumlah jam pelajaran mata pelajaran untuk UN terlalu sedikit
|
Menambah jam pembelajaran di luar jam wajib (les)
|
|
3. Pengembangan
muatan lokal
|
Terlaksananya muatan lokal
pertanian
|
100%
|
|||
4. Kalender
akademik
|
Memiliki kalender pendidikan yang disusun sekolah
|
100%
|
-
|
||
5. Buku
referensi guru
|
Semua guru memiliki buku referensi minimal 2 buku
|
75%
|
Kesulitan memperoleh buku yang sesuai
|
||
6. Buku
referensi peserta didik
|
Setiap peserta didik memiliki buku B. Indonesia, IPA, Matematika, dan IPS
|
75%
|
Tidak cukup biaya untuk memenuhi kebutuhan buku
|
Memenuhi secara bertahap
|
|
7. Buku
Lembar Kerja Siswa (LKS)
|
Setiap peserta didik memiliki
|
50%
|
Dana yang ada belum memadai untuk memenuhi semua kebutuhan
|
Pemenuhan sebagian, 1 buku untuk 2 siswa
|
|
C.
|
Pengembangan Proses Pembelajaran
|
||||
1. Perangkat
pembelajaran
|
100% operasional
|
75%
|
Tidak lengkap karena keterbatasan biaya yang ada
|
Menggunakan daya yang ada secara maksimal
|
|
2. Rombongan
belajar
|
6 rombel,
1 rombel maksimal 28 peserta didik
|
5 rombel,
|
Kekurangan jumlah siswa karena berada di daerah terpencil
|
Menerima keadaan karena kondisi daerah yang tidak memungkinkan
|
|
3. Buku
teks pelajaran
|
Rasio 1siswa 1 buku untuk semua mapel
|
65%
|
Keterbatasan dana karena pendapatan hanya dari BOS
|
||
4. Pengelolaan
pembelajaran
|
Semua guru menguasai TIK
|
80%
|
Belum semua guru memiliki sarana TIK
|
Mengikuti pelatihan, KKG, dan workshop
|
|
5. Supervisi
kunjungan kelas
|
Semua guru
1 minggu 1 guru
|
60%
|
Kepala Sekolah terlalu padat kegiatan dan mengerjakan sistem pelaporan
|
Pekerjaan KS yang bisa dikerjakan guru dibagikan kepada guru.
|
|
D.
|
Pengembangan sistem penilaian
|
||||
1. Instrumen
penilaian
|
100%
|
80%
|
Kemampuan guru belum optimal
|
Pembimbingan guru
|
|
2. Ulangan
harian
|
100%
|
100%
|
|||
3. UTS
|
80%
|
85%
|
Motivasi dan kemampuan dasar peserta didik masih rendah
|
Mengoptimalkan pembimbingan
|
|
4. US
|
|||||
5. UN
|
|||||
6. Perbaikan
dan pengayaan
|
100% terlaksana
|
85%
|
Padatnya kegiatan yang harus dilaksanakan sehingga kegiatan pengayaan
tidak selalu dilaksanakan di sekolah
|
menggunakan tugas mandiri, tugas terstruktur, dan tugas tidak terstruktur
|
|
E.
|
Pengembangan Pendidik & Tenaga Kependidikan
|
||||
1. Implementasi
12 budaya malu
|
Semua pegawai dapat melaksanakan
|
85% d patuhi
|
Kendala jarak jangkau sehingga belum sepenuhnya dapat dilaksanakan
|
Pembinaan secara rutin, pemberian motivasi
|
|
2. Budaya
dan etos kerja
|
Disiplin dan mentalitas yang
tinggi
|
85%
|
Masih ada pegawai yang belum 100% mematuhi aturan kerja
|
Pembinaan secara rutin
|
|
3. Kompetisi
pedagogik dan profesional guru
|
Tinggi
|
50%
masih rendah
|
Kompetensi guru masih
|
Mengadakan pelatihan dan pembimbingan
|
|
4. Kompetensi
manajerial Kepala Sekolah
|
Sesuai dengan Kompetensi Kepala Sekolah
|
85%
|
Luasnya kompetensi yang harus dikuasai, belum ada program induksi bagi
kepala sekolah
|
Mengikuti kegiatan KKKS BERMUTU, studi referensi dan studi banding ke
sekolah lain
|
|
F.
|
Pengembangan Sarana & Prasarana
|
||||
1. Rasio
kelas dengan rombel
|
Rasio 1:1
|
1 ruang kelas untuk 1 rombel;
2 ruang kelas untuk 4 rombel dengan cara di sekat
|
Pemerintah belum sepenuhnya memperhatikan kebutuhan jumlah ruang kelas
sesuai jumlah rombel
|
Mengusulkan tambahan ruang kelas
|
|
2. Ruang Kepsek
|
Minimal luas 12 M2
|
belum ada
|
Belum mampu mengadakan secara swadaya, sementara bantuan dari pihak
pemerintah belum terkabulkan
|
Ruang KS bersama dengan ruang guru
|
|
3. Ruang
guru
|
Minimal luas 56 M2
|
Luas 49 M2, belum lengkap
|
Belum semua usulan direalisasi
|
Memanfaatkan yang sudah ada secara maksimal
|
|
4. Ruang UKS
|
Minimal luas 16 M2
|
belum ada
|
belum memiliki ruang UKS tersendiri
|
Masih menggunakan ruang guru yang disekat.
|
|
5. Ruang
Perpustakaan
|
Sudah ada
|
Kelengkapan bubu belum optimal
|
Dana sekolah msh minim, bntuan dr pmrnth blm direalisasi
|
Mengusulkan pada pemerintah
|
|
6. Mushola
|
Minimal luas 72 M2
|
36 M2
|
Dana sekolah msh mnim, bntuan dr pmrnth blm direalisasi
|
Mnggali brbgai smber dana,trmsuk infak guru/peserta didik
|
|
7. Rasio
WC/KM dengan rombel
|
Rasio 1:30
|
Rasio 1:50
|
Pemerintah belum memenuhi kebutuhan sesuai dengan rasio.
|
Mengusulkan pada pemerintah untuk ditambah.
|
|
8 Pagar
keliling sekolah
|
12.50 meter
|
25 meter
|
Bantuan skrla ortu msh rndh
|
Membangun scr berthap
|
|
9. Talud
& pagar pengaman
|
13.100 M2
|
50 M2
|
Bantuan skrla ortu msh rndh
|
Membangun scr berthap
|
|
10. Lapangan Upacara
|
100% selesai
|
0%
|
Dana sklah msh minim,bantuan dr pmerntah blm drealisasi
|
||
11. Lap OR
|
Memiliki & memadai
|
||||
12. Dapur sekolah
|
Representatif
|
50%
|
Dana sekolah blm mnckupi
|
||
13. Kantin sekolah
|
Bersih dan memadai
|
50%
|
Pembinaan sekolah sht blm intensif
|
Melakukan pmbinaan kntin shat
|
|
14. Pengadaan alat OR
|
Sepak bola, voli, senam lantai, atletik
|
50%
|
Dana sklah msh minim, bantuan dr pmerntah blm drealisasi
|
Melengkapi secara bertahap
|
|
15. Pengadaan alat kesenian
|
Peralatan musik, seni rupa, drum band
|
50%
|
Dana sklah msh minim,bantuan dr pmerntah blm drealisasi
|
Melengkapi secara bertahap
|
|
16. Pengadaan sarana KBM
|
Media/alat peraga pembelajaran
|
50%
|
Dana sekolah masih minim, bantuan dari pemerintah blm direalisasi
|
Melengkapi scr prioritas
|
|
27. Pemeliharaan halaman
|
75% terawat
|
50%
|
Dana sklah msh minim, smbangan skarela ortu msh rendh
|
Melengkapi scr bertahap
|
|
28. Pengadaan alat kantor
|
Telepon, printer, komputer
|
Printer
|
Dana trbatas,jaringan jringan tlpon kabel blm ada
|
Direncanakan thn dpan,tlpon pakai seluker
|
|
G.
|
Pembinaan Kesiswaan & Ekstrakurikuler
|
||||
1. Penerimaan
peserta didik baru(PPDB)
|
1.Minimal 30 peserta didik
|
1. 20 peserta didik
|
1.Adanya persaingan dg sekolah lain
|
1.Meningkatkn citra sekolah & bkrjasma dg brbgai phak
|
|
2. Tata
tertib peserta didik
|
Semua peserta didik mematuhi peraturan sekolah
|
80% dipatuhi
|
Kesadaran peserta didik masih rendah
|
Melaksanakan pembiasaan secara rutin
|
|
3. Pemberdayaan
kepramukaan
|
Mengikuti seluruh even kepramukaan
|
75%
|
Sarana dan prasarana belum memadai
|
Kualitas latihn ditingkatkan
|
|
4. Lomba
Siswa Berprestasi
|
Mengikuti seluruh kegiatan
|
60%
|
Pembinaan peserta didik belum intensif
|
Mngoptimalkan kls intensif unggulan
|
|
5. Beasiswa
& bantuan peserta didik miskin
|
100% terakomodir
|
75%
|
Belum semua siswa miskin terbantu secara penuh
|
Mengusulkan penambahan kuota penerima bantuan
|
|
6. Penghargaan
peserta didik berprestasi
|
100%
|
100%
|
|||
7. Popda
dan Pekan Seni
|
Finalis
|
Peserta
|
Pembianaan peserta didik belum optimal
|
Melakukan pembinaan secara intensif
|
|
H.
|
Pendidikan karakter dan Budaya TEGAL
|
||||
1. Pengamalan
keagamaan & akhlak mulia
|
Pengamalan agama & norma d sekolah tinggi
|
85%
|
1.Keteladanan guru masih kurang
|
Pembinaan dan keteladanan dari KS dan Guru
|
|
2. Penanaman
disiplin dan budaya tertib
|
100%
|
80%
|
Kebiasaan jelek dari masyarakat mempengaruhi peserta didik
|
Pembinaan secara terus-menerus
|
|
3. Budaya
hidup bersih
|
Lingkungan bersih
|
75%
|
Kultur hdp shat/brsh msh rendah
|
Pembinaan, keteladanan dan reward
|
|
4. Keindahan
& kerindangan sekolah
|
Taman & pohon peneduh
|
50%
|
Dana & kebiasaan merawt lngkungan msh rendah
|
Melengkpi scr brthap & pmbnaan scr rtin
|
|
Keamanan & kenyamanan belajar
|
Ada pagar pengaman
|
Dana sekolah masih belum mencukupi
|
Direncanakan tahun berikutnya
|
||
Kekeluargaan
|
Akrab & harmonis
|
Pembiasaan hidup harmonis belum optimal
|
Pembinaan & keteladanan
|
Tabel 14: Tingkat Pencapaian Program
2. Prestasi yang diperoleh
(akademik dan non akademik)
No
|
Tanggal Perolehan
|
Cabang Perolehan
|
Tingkat
|
Peringkat
|
1
|
||||
2
|
||||
3
|
||||
4
|
||||
5
|
||||
6
|
||||
7
|
Baca Juga










Post a Comment
Post a Comment