RENCANA KERJA SEKOLAH (RKS) BAB II - Berita Nusantara -->
RENCANA KERJA SEKOLAH (RKS) BAB II

Header Menu

RENCANA KERJA SEKOLAH (RKS) BAB II



BAB II
DATA SEKOLAH
A.      Data Sekolah
1.       Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan menurut status kepegawaian dan jenis kelamin 
No
Uraian
Status
Jenis Kelamin
PNS
Non PNS
Laki-laki
Perempuan
1
Kepala Sekolah
1


1
2
Guru Kelas
4
2
4
2
3
Guru PAI
1
1

2
4
Guru Penjaskes
1
1
1
1
5
Tenaga Perpustakaan




6
Tenaga Administrasi

1
1

7
Penjaga Sekolah

1
1

8






Jumlah
7
6
7
6
Tabel 1: Jumlah tenaga menurut status kepegawaian dan jenis kelamin
2.       Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan menurut tingkat pendidikan
No
Jabatan
S2
S1
D3
D2
SLTA
SLTP
JML
1
Kepala Sekolah

1




1
2
Guru Kelas

6




6
3
Guru PAI

2




2
4
Guru Penjas

2




2
5
Tenaga Perpustakaan







6
Tenaga Admnistrasi

1




1
7
Penjaga




1

1
8









Jumlah

12


1

13
Tabel 2: Jumlah tenaga menurut tingkat pendidikan 
3.    Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan menurut masa kerja (tahun)
No
Jabatan
<5
5-10
10-15
15-20
20-25
25-30
>30
1
Kepala Sekolah







2
Guru Kelas







3
Guru PAI







4
Guru Penjas







5
Tenaga Perpustakaan







6
Penjaga







7









Jumlah







Tabel 3: Jumlah tenaga menurut masa kerja 
4.    Data Peserta Didik
Jumlah peserta pada awal tahun pelajaran 4 tahun terakhir  
Kelas
Akhir Tahun Pelajaran
Ket
2015/2016
2016/2017
2017/2018
2018/2019
L
P
Jml
L
P
Jml
L
P
Jml
L
P
Jml
I













II













III













IV













V













VI













JML













Tabel 4:  Jumlah peserta didik pada awal tahun pelajaran


5.       Jumlah Lulusan
Tahun Pelajaran
Tamatan
Rata-rata
Melanjutkan
Jml
Target
Hasil
Target
Jml
Target
2014/2015






2015/2016






2016/2017






2017/2018






Tabel 5: Jumlah Lulusan Peserta Didik
6.       Data peserta didik mengulang 
Tahun Pelajaran
Kelas
Jumlah
I
II
III
IV
V
VI
2015/2016







2016/2017







2017/2018







2018/2019







Tabel 6:  Jumlah peserta didik mengulang dalam 4 tahun terakhir
7.       Jumlah peserta didik dalam 4 tahun terakhir
Kelas
Tahun Pelajaran
KET.
2015/2016
2016/2017
2017/2018
2018/2019
L
P
J
L
P
J
L
P
J
L
P
J
I













II













III













IV













V













VI













JUMLAH













Tabel 7:  Jumlah peserta didik dalam  4 tahun terakhir
8.    Jumlah orang tua peserta didik menurut pekerjaan
Pekerjaan
2015
2016
2017
2018
2019
Pegawai Negeri





TNI/Polri





Pegawai Swasta





Petani





Pedagang





Buruh





Tukang Kayu





Tukang Batu





Tabel 8: Jumlah orang tua /wali peserta didik menurut pekerjaan 
9.    Jumlah orang tua peserta didik menurut tingkat penghasilan rata-rata per bulan
Pekerjaan
2015
2016
2017
2018
2019
< 200.000





2001.000 - 500.000





500.000 - 1.000.000





1.000.000 - 2.000.000





2.000.000 - 5.000.000





5.000.000 - 10.000.000





> 10.000.000





Tabel 9: Jumlah orang tua /wali peserta didik menurut pekerjaan 
9.       Pengurus Komite Sekolah (masa bakti 2016 s.d. 2014)
No
Nama
Pekerjaan
Jabatan
Keterangan
1


Ketua

2


Wakil Ketua

3


Sekretaris

4


Bendahara

5


Anggota

6


Anggota

7


Anggota

Tabel 10: Pengurus Komite Sekolah
10.     Sarana dan prasarana sekolah
Data Ruang 
Nama Ruang
Kebutuhan
Yang ada
Baik
Rusak Sedang
Rusak Berat
Ruang Kelas





Ruang Guru





Ruang Kepala Sekolah





Ruang Perpustakaan





WC / Kamar mandi





Tabel 11: Tabel Data Ruang
Data Ruang Lain yang dibutuhkan
Jenis Ruang
Jumlah
Ukuran
Keterangan
1. Gudang



2. Dapur



3. Ruang ganti pakaian



4. Ruang komputer 



5. Mushola/tempat ibadah



Tabel 12: Tabel Data Ruang Lain
Data Mebeler   
Nama Ruang
Kebutuhan
Yang ada
Baik
Rusak Sedang
Rusak Berat
Meja Siswa





Kursi Siswa





Meja Guru di kelas





Kursi Guru di kelas





Meja guru di ruang guru





Kursi guru di ruang guru





Papan Tulis





Almari Kelas





Almari Kantor





Rak Buku





Loker





Tabel 13: Data mebeler 


B.      Hasil Program Tahun Sebelumnya
1.       Tingkat Pencapaian Program
No
Jenis Kegiatan
Target
Pencapaian
Kendala
Tindak Lanjut
A
Pengembangan Kompetensi Lulusan





1.   Rata-rata nilai UN





2.   Bidang Olahraga





3.   Bidang seni budaya




B
Pengembangan Kurikulum (Standar Isi)





1.   Review KTSP
Terlaksana review KTSP




2.   Beban belajar peserta didik
Maksimal 40 jam/minggu
min: 31 jp
mak: 36 jp
Jumlah jam pelajaran mata pelajaran untuk UN terlalu sedikit
Menambah jam pembelajaran di luar jam wajib (les)

3.   Pengembangan muatan lokal
 Terlaksananya muatan lokal pertanian
100%



4.   Kalender akademik
Memiliki kalender pendidikan yang disusun sekolah
100%
-


5.   Buku referensi guru
Semua guru memiliki buku referensi minimal 2 buku
75%
Kesulitan memperoleh buku yang sesuai


6.   Buku referensi peserta didik
Setiap peserta didik memiliki buku B. Indonesia, IPA, Matematika, dan IPS
75%
Tidak cukup biaya untuk memenuhi kebutuhan buku
Memenuhi secara bertahap

7.   Buku Lembar Kerja Siswa (LKS)
Setiap peserta didik memiliki
50%
Dana yang ada belum memadai untuk memenuhi semua kebutuhan
Pemenuhan sebagian, 1 buku untuk 2 siswa
C.
Pengembangan Proses Pembelajaran





1.   Perangkat pembelajaran
100% operasional
75%
Tidak lengkap karena keterbatasan biaya yang ada
Menggunakan daya yang ada secara maksimal

2.   Rombongan belajar
6 rombel,
1 rombel maksimal 28 peserta didik
5 rombel,
Kekurangan jumlah siswa karena berada di daerah terpencil
Menerima keadaan karena kondisi daerah yang tidak memungkinkan

3.   Buku teks pelajaran
Rasio 1siswa 1 buku untuk semua mapel
65%
Keterbatasan dana karena pendapatan hanya dari BOS


4.   Pengelolaan pembelajaran
Semua guru menguasai TIK
80%
Belum semua guru memiliki sarana TIK
Mengikuti pelatihan, KKG, dan workshop

5.   Supervisi kunjungan kelas
Semua guru
1 minggu 1 guru
60%
Kepala Sekolah terlalu padat kegiatan dan mengerjakan sistem pelaporan
Pekerjaan KS yang bisa dikerjakan guru dibagikan kepada guru.
D.
Pengembangan sistem penilaian





1.   Instrumen penilaian
100%
80%
Kemampuan guru belum optimal
Pembimbingan guru

2.   Ulangan harian
100%
100%



3.   UTS
80%
85%
Motivasi dan kemampuan dasar peserta didik masih rendah
Mengoptimalkan pembimbingan

4.   US





5.   UN





6.   Perbaikan dan pengayaan
100% terlaksana
85%
Padatnya kegiatan yang harus dilaksanakan sehingga kegiatan pengayaan tidak selalu dilaksanakan di sekolah
menggunakan tugas mandiri, tugas terstruktur, dan tugas tidak terstruktur
E.
Pengembangan Pendidik & Tenaga Kependidikan





1.   Implementasi 12 budaya malu
Semua pegawai dapat melaksanakan
85% d patuhi
Kendala jarak jangkau sehingga belum sepenuhnya dapat dilaksanakan
Pembinaan secara rutin, pemberian motivasi

2.   Budaya dan etos kerja
Disiplin dan mentalitas yang  tinggi
85%
Masih ada pegawai yang belum 100% mematuhi aturan kerja
Pembinaan secara rutin

3.   Kompetisi pedagogik dan profesional guru
Tinggi
50%
masih rendah
Kompetensi guru masih
Mengadakan pelatihan dan pembimbingan

4.   Kompetensi manajerial Kepala Sekolah
Sesuai dengan Kompetensi Kepala Sekolah
85%
Luasnya kompetensi yang harus dikuasai, belum ada program induksi bagi kepala sekolah
Mengikuti kegiatan KKKS BERMUTU, studi referensi dan studi banding ke sekolah lain
F.
Pengembangan Sarana & Prasarana





1.   Rasio kelas dengan rombel
Rasio 1:1
1 ruang kelas untuk 1 rombel;
2 ruang kelas untuk 4 rombel dengan cara di sekat
Pemerintah belum sepenuhnya memperhatikan kebutuhan jumlah ruang kelas sesuai jumlah rombel
Mengusulkan tambahan ruang kelas

2.   Ruang Kepsek
Minimal luas 12 M2
belum ada
Belum mampu mengadakan secara swadaya, sementara bantuan dari pihak pemerintah belum terkabulkan
Ruang KS bersama dengan ruang guru

3.   Ruang guru
Minimal luas 56 M2
Luas 49 M2, belum lengkap
Belum semua usulan direalisasi
Memanfaatkan yang sudah ada secara maksimal

4.   Ruang UKS
Minimal luas 16 M2
belum ada
belum memiliki ruang UKS tersendiri
Masih menggunakan ruang guru yang disekat.

5.   Ruang Perpustakaan
Sudah ada
Kelengkapan bubu belum optimal
Dana sekolah msh minim, bntuan dr pmrnth blm direalisasi
Mengusulkan pada pemerintah

6.   Mushola
Minimal luas 72 M2
36 M2
Dana sekolah msh mnim, bntuan dr pmrnth blm direalisasi
Mnggali brbgai smber dana,trmsuk infak guru/peserta didik

7.   Rasio WC/KM dengan rombel
Rasio 1:30
Rasio 1:50
Pemerintah belum memenuhi kebutuhan sesuai dengan rasio.
Mengusulkan pada pemerintah untuk ditambah.

8    Pagar keliling sekolah
12.50 meter
25 meter
Bantuan skrla ortu msh rndh
Membangun scr berthap

9.   Talud & pagar pengaman
13.100 M2
50 M2
Bantuan skrla ortu msh rndh
Membangun scr berthap

10. Lapangan Upacara
100% selesai
0%
Dana sklah msh minim,bantuan dr pmerntah blm drealisasi


11. Lap OR
Memiliki & memadai




12. Dapur sekolah
Representatif
50%
Dana sekolah blm mnckupi


13. Kantin sekolah
Bersih dan memadai
50%
Pembinaan sekolah sht blm intensif
Melakukan pmbinaan kntin shat

14. Pengadaan alat OR
Sepak bola, voli, senam lantai, atletik
50%
Dana sklah msh minim, bantuan dr pmerntah blm drealisasi
Melengkapi secara bertahap

15. Pengadaan alat kesenian
Peralatan musik, seni rupa, drum band
50%
Dana sklah msh minim,bantuan dr pmerntah blm drealisasi
Melengkapi secara bertahap

16. Pengadaan sarana KBM
Media/alat peraga pembelajaran
50%
Dana sekolah masih minim, bantuan dari pemerintah blm direalisasi
Melengkapi scr prioritas

27. Pemeliharaan halaman
75% terawat
50%
Dana sklah msh minim, smbangan skarela ortu msh rendh
Melengkapi scr bertahap

28. Pengadaan alat kantor
Telepon, printer, komputer
Printer
Dana trbatas,jaringan jringan tlpon kabel blm ada
Direncanakan thn dpan,tlpon pakai seluker
G.
Pembinaan Kesiswaan & Ekstrakurikuler





1.   Penerimaan peserta didik baru(PPDB)
1.Minimal 30 peserta didik
1. 20 peserta didik
1.Adanya persaingan dg sekolah lain
1.Meningkatkn citra sekolah & bkrjasma dg brbgai phak

2.   Tata tertib peserta didik
Semua peserta didik mematuhi peraturan sekolah
80% dipatuhi
Kesadaran peserta didik masih rendah
Melaksanakan pembiasaan secara rutin

3.   Pemberdayaan kepramukaan
Mengikuti seluruh even kepramukaan
75%
Sarana dan prasarana belum memadai
Kualitas latihn ditingkatkan

4.   Lomba Siswa Berprestasi
Mengikuti seluruh kegiatan
60%
Pembinaan peserta didik belum intensif
Mngoptimalkan kls intensif unggulan

5.   Beasiswa & bantuan peserta didik miskin
100% terakomodir
75%
Belum semua siswa miskin terbantu secara penuh
Mengusulkan penambahan kuota penerima bantuan

6.   Penghargaan peserta didik berprestasi
100%
100%



7.   Popda dan Pekan Seni
Finalis
Peserta
Pembianaan peserta didik belum optimal
Melakukan pembinaan secara intensif
H.
Pendidikan karakter dan Budaya TEGAL





1.   Pengamalan keagamaan & akhlak mulia
Pengamalan agama & norma d sekolah tinggi
85%
1.Keteladanan guru masih kurang
Pembinaan dan keteladanan dari KS dan Guru

2.   Penanaman disiplin dan budaya tertib
100%
80%
Kebiasaan jelek dari masyarakat mempengaruhi peserta didik
Pembinaan secara terus-menerus

3.   Budaya hidup bersih
Lingkungan bersih
75%
Kultur hdp shat/brsh msh rendah
Pembinaan, keteladanan dan reward

4.   Keindahan & kerindangan sekolah
Taman & pohon peneduh
50%
Dana & kebiasaan merawt lngkungan msh rendah
Melengkpi scr brthap & pmbnaan scr rtin

Keamanan & kenyamanan belajar
Ada pagar pengaman

Dana sekolah masih belum mencukupi
Direncanakan tahun berikutnya

Kekeluargaan
Akrab & harmonis

Pembiasaan hidup harmonis belum optimal
Pembinaan & keteladanan
Tabel 14: Tingkat Pencapaian Program
2.    Prestasi yang diperoleh (akademik dan non akademik)
No
Tanggal Perolehan
Cabang Perolehan
Tingkat
Peringkat
1




2




3




4




5




6




7




Tabel 15: Prestasi yang diperoleh
Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment