RENCANA KERJA SEKOLAH (RKS) BAB I
UPTD DIKBUD KECAMATAN
ADIWERNA
KABUPATEN
TEGAL
PROVINSI JAWA
TENGAH
2018
PENGESAHAN
RENCANA KERJA SEKOLAH (RKS)
TAHUN 2018/2019
SD NEGERI LUMINGSER 02
KECAMATAN ADIWERNA
KABUPATEN TEGAL
DISAHKAN
PADA HARI SENIN, 16 JULI 2018
Oleh:
Ketua
Komite Sekolah Kepala
Sekolah
Ratono Tri
Mundiasih, S.Pd
NIP
19651010 198608 2 004
Mengetahui
Kepala UPTD Dikbud Kecamatan ADIWERNA
Wahidin Karirim, S.Pd
NIP. 19641128 198608 1 001
KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, atas segala karunia dan
rahmat-Nya, sehingga Rencana Kerja Sekolah (RKS) SD NEGERI LUMINGSER 02 Tahun Pelajaran 2018/2015 dapat terselesaikan dengan baik sesuai yang direncanakan.
Penyusunan Rencana Kerja Sekolah (RKS) ini didasarkan atas kebutuhan dan harapan warga sekolah
beserta pemangku kepentingan (stakeholder)
dalam mengelola SD NEGERI LUMINGSER 02. Pertimbangan lain adalah bekerja dengan perencanaan yang jelas akan memudahkan pelaku kepentingan
bekerja secara jelas pula dan lebih terarah. Berbeda jika bekerja tanpa perencanaan sama halnya menciptakan kegagalan akan menimbulkan benturan-benturan tugas atau tumpang
tindihnya kegiatan.
Pengembangan program kerja sekolah disusun berdasarkan hasil evaluasi diri
dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) sekolah. Materi program kerja disusun secara garis
besar, karena itu pelaksanaannya di lapangan disesuaikan dengan kondisi maupun
situasi yang ada. Hal ini dikandung maksud agar program kerja ini dapat
dikembangkan secara fleksibel, dinamis, efisien dan efektif tanpa keluar dari
pokok program yang telah ditetapkan.
Kami menyadari bahwa program ini dapat diselesaikan atas kerjasama semua
pihak yang terkait. Karena itu kami sampaikan terima kasih atas segala bantuan
yang diberikan, semoga Tuhan memberikan imbalan dan balasan yang lebih baik.
Harapan kami kepada para pembaca semoga berkenan memberikan masukan yang bersifat
membangun demi kesempurnaan program ini.
Adiwerna, 16
Juli 2018
Kepala
Sekolah
Tri Mundiasih, S.Pd
NIP 19651010
198608 2 004
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL ........................................................................................................
LEMBAR
PENGESAHAN .............................................................................................
KATA PENGANTAR ......................................................................................................
DAFTAR ISI ....................................................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN ................................................................................................ 1
A...... Latar Belakang .........................................................................................................
B...... Landasan ..................................................................................................................
C...... Tujuan Penyusunan ..................................................................................................
BAB II DATA
SEKOLAH ..............................................................................................
A...... Data Sekolah ............................................................................................................
1....... Data Pendidik dan
Tenaga Kependidikan .....................................................
2....... Data Peserta Didik .........................................................................................
3....... Data Komite Sekolah .....................................................................................
4....... Data Sarana Prasarana ....................................................................................
B...... Hasil Program Tahun
Sebelumnya ...........................................................................
BAB III STRUKTUR ORGANISASI SEKOLAH ........................................................
A...... Struktur Organisasi ..................................................................................................
B...... Uraian Tugas ............................................................................................................
BAB IV
RENCANA KEGIATAN SEKOLAH (RKS) ...............................................
A...... Rencana Kegiatan ....................................................................................................
B...... Jadwal Kegiatan .......................................................................................................
BAB V RENCANA
KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH (RKAS) ..............
BAB VI
PENUTUP ..........................................................................................................
DAFTAR TABEL
Halaman
Tabel 1 : Jumlah tenaga menurut status kepegawaian dan jenis kelamin ................. 9
Tabel 2 : Jumlah tenaga menurut tingkat pendidikan ............................................... 9
Tabel 3 : Jumlah tenaga menurut masa kerja ............................................................ 9
Tabel 4 : Jumlah peserta didik pada awal tahun pelajaran ........................................ 10
Tabel 5 : Jumlah Lulusan Peserta Didik ................................................................... 10
Tabel 6 : Tabel Data Kondisi Orang Tua .................................................................. 10
Tabel 7 : Tabel Data Komite Sekolah ....................................................................... 10
Tabel 8 : Tabel Data Ruang Kelas ............................................................................ 11
Tabel 9 : Tabel Data Ruang Lain .............................................................................. 11
Tabel 10 : ..................................................................................................................... 11
Tabel 11 : ..................................................................................................................... 11
Tabel 12 : ..................................................................................................................... 12
Tabel 14 : Tingkat Pencapaian Program....................................................................... 12
Tabel 15 : Prestasi yang diperoleh................................................................................ 16
Tabel 16 : Struktur Ketenagaan.................................................................................... 17
Tabel 17 : Rencana Kegiatan ...................................................................................... 18
Tabel 18 : Jadwal Kegiatan Pelaksanaan Program....................................................... 19
Tabel 19 : Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah ....................................................... 24
Tabel 20 :
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 19 tahun 2007
tentang Standar Pengelolaan menyebutkan bahwa setiap sekolah harus menyusun
rencana kerja sekolah yang terdiri dari rencana kerja jangka menengah dan
rencana kerja tahunan. Ketentuan tentang rencana kerja jangka menengah yang
selanjutnya disebut RKJM dan rencana kerja tahunan yang selanjutnya disebut RKT
ini diperkuat melalui Peraturan Pemerintah nomor 17 tahun 2016 tentang
pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan pada Pasal 51, menyatakan bahwa
satuan pendidikan usia dini, pendidikan dasar dan menengah harus membuat
kebijakan tentang perencanaan program dan pelaksanaannya secara transparan dan
akuntabel.
Manajemen Berbasis Sekolah yang selanjutnya disebut MBS merupakan salah satu amanah Undang-undang
Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Oleh karena itu setiap
satuan pendidikan diwajibkan menerapkannya dalam bentuk kebijakan-kebijakan
nyata untuk mengelola satuan pendidikan sebagaimana dimaksud, dalam rangka mewujudkan
sistem pengelolaan dan manajerial sekolah yang transparan dan akuntabel, tanpa
meninggalkan peran serta masyarakat, dan pengelolaan pembelajaran yang optimal.
Kebijakan ini diberlakukan secara nasional pada setiap satuan pendidikan
termasuk di lingkungan Sekolah Dasar UPTD Dikbud Kecamatan ADIWERNA, Kabupaten
TEGAL.
Tiga pilar MBS meliputi aspek pengelolaan yang transparan; pembelajaran
yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan; dan peran serta masyarakat yang
semakin meningkat. Secara ideal, variabel-variabel tersebut harus mampu
berjalan beriringan untuk mewujudkan postur MBS sebagaimana dikehendaki dalam
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. Konsekuensinya adalah terciptanya
sebuah sistem pengelolaan satuan pendidikan dengan anatomi yang sejalan dengan
pilar-pilar MBS.
Kesebangunan konsep pengelolaan satuan pendidikan dengan pilar-pilar MBS
akan memudahkan pencapaian tujuan MBS, yaitu peningkatan prestasi belajar
peserta didik dan akuntabilitas publik. Prestasi belajar peserta didik secara nyata
ditunjukkan dalam bentuk peningkatan kualitas lulusan, yang di dalamnya tidak
saja merepresentasikan pencapaian prestasi akademik, tetapi juga terkandung
nilai-nilai kualitatif pembangunan karakter. Sedangkan akuntabilitas publik
ditunjukkan dalam bentuk transparansi pengelolaan terutama pengelolaan keuangan
dan peran serta aktif masyarakat dalam setiap kebijakan satuan pendidikan yang
memang mengharuskan adanya partisipasi masyarakat.
Dalam rangka menuju MBS yang ideal maka pengelolaan satuan pendidikan harus
berbasis pada perencanaan yang sesuai dengan kondisi sekolah, sebagai bentuk
perangkat lunak kebijakan yang akan dilaksanakan dalam rangka pencapaian tujuan
MBS. Sebagai salah satu fungsi manajemen
yang paling dasar, maka perencanaan harus mampu menjadi pijakan bagi fungsi
manajemen yang lain, misalnya
pengorganisasian sumber daya yang ada, pengarahan, pengawasan, dan
motivasi sehingga fungsi-fungsi manajemen dalam pengelolaan satuan pendidikan
dapat didistribusikan secara optimal.
Fungsi perencanaan dalam manajemen pengelolaan satuan pendidikan diwujudkan
dalam bentuk RKT yang mewakili rencana kebijakan pengelolaan sekolah dalam
kurun waktu satu tahun. Kurun waktu satu tahun dimaksudkan untuk memberikan
keleluasaan terhadap satuan pendidikan dalam pengembangan institusi hingga
tercapainya postur satuan pendidikan yang sejalan dengan visi dan misi SD
NEGERI LUMINGSER 02 Kecamatan ADIWERNA Kabupaten TEGAL.
Sebagai salah satu sekolah dasar di lingkungan Dinas Pendidikan, Pemuda dan
Olah Raga Kabupaten TEGAL, maka SD NEGERI LUMINGSER 02, Kecamatan ADIWERNA yang
pada saat RKT ini disusun memiliki jumlah peserta didik sebanyak 139 orang, dan
dibimbing oleh 10 guru, terus berupaya meningkatkan sistem pengelolaan sekolah
sesuai dengan amanah Undang-undang. Hal itu direalisasikan dalam bentuk Rencana
Pengembangan Sekolah (RPS) sebagaimana tercantum secara jelas pada BAB II.
Dasar-dasar manajemen berbasis sekolah pada SD NEGERI LUMINGSER 02,
Kecamatan ADIWERNA, Kabupaten TEGAL, diupayakan dengan mengeksplorasi seluruh
kemampuan dan sumber daya yang dimiliki oleh sekolah. Formalisasi rencana
pelaksanaan terhadap manajemen berbasis sekolah diharapkan mampu menjadi acuan
dan pedoman bagi kami, dalam rangka mencapai visi sekolah dengan merealisasikan
misi yang sudah ditetapkan sebelumnya dengan indikator yang jelas dan terukur.
B. Landasan
Sebagai landasan fundamental tempat berpijak dalam penyusunan program kerja
sekolah ini adalah:
1. Undang-undang RI nomor 20
Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2. Peraturan Pemerintah No. 19
Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
3. Permendiknas Nomor 19 Tahun
2007 tentang Standar Pengelolaan oleh Satuan Pendidikan.
4. Visi dan Misi SD NEGERI
LUMINGSER 02, Kecamatan ADIWERNA.
5. Rencana Kerja Sekolah (RKS)
SD NEGERI LUMINGSER 02.
6. Ketetapan bersama Kepala
Sekolah, Guru, dan Pengurus Komite.
C. Tujuan
Penyusunan
Secara garis besar dapat dikemukakan bahwa tujuan penyusunan program kerja
SD NEGERI LUMINGSER 02, Kecamatan ADIWERNA, Kabupaten TEGAL Tahun Pelajaran
2018/2019 dapat dikemukakan sebagai berikut:
1. Untuk menyatukan pandangan
dan cita-cita bagi seluruh warga sekolah dalam rangka meningkatkan mutu
pendidikan;
2. Untuk memudahkan dalam
melaksanakan tugas pengelolaan sekolah sesuai bidang masing-masing;
3. Untuk memudahkan dalam
melaksanakan evaluasi tugas yang telah berhasil dicapai atau yang belum
dicapai;
4. Sebagai tempat berpijak untuk
kesinambungan pelaksanaan Program Sekolah pada tahun berikutnya;
5. Memberikan gambaran kondisi
nyata saat ini dan kondisi yang diharapkan dapat terwujud dalam waktu satu
tahun ke depan;
6. Sebagai bentuk laporan kepada
masyarakat dan pemangku kepentingan yang membutuhkan;
7. Sebagai bahan kajian bagi
pendidik dan atau tenaga kependidikan baru yang ditempatkan di SD NEGERI
LUMINGSER 02;
8. Sebagai
referensi bagi para peneliti yang ingin mengadakan penelitian di SD Negeri Lumingser 02
Baca Juga










Post a Comment
Post a Comment